Saturday, July 11, 2009

fungsi Marketing & Trade Marketing ??



Untuk memperjelas perbedaan antara fungsi Marketing & Trade Marketing, berikut beberapa rangkuman:

1. Marketing= Consumer Marketing, Consumer adalah objek kegiatan

Trade Marketing= Marketing ke Trade, jadi Trade adalah objeknya (Trade=Modern Trade, General Trade, Medical Outlet, etc)

2. Marketing = mendorong orang untuk “Use More” dengan tools seperti Iklan dll

Trade Marketing = mendorong orang untuk “Buy More” dengan tools promo (Diskon, Free Product, Undian, Buy 1 Get 1, etc)

3. Marketing = focus ke ATL (Above The Line)

Trade Marketing = focus ke BTL (Below The Line)

4. Marketing = Merancang Marketing Strategy Brand

Trade Marketing = Men-terjemahkan Strategy tsb menjadi “actionable initiatives”

5. Marketing = Mengelola Budget A&P

Trade Marketing = Mengelola Budget Trade Promo/TP (TP directly mengurangi Net Sales karena merupakan inisiatif yang langsung berhubungan dengan promo)

6. Marketing = Berpikir mengenai konsumen secara general, siapa aja adalah konsumen.

Trade Marketing = Membagi strategy berdasarkan Channel (MTKA, MTI, GT dll)

Walaupun peran Marketing & Trade Marketing Cukup Jelas dan cukup berbeda, namun pada dasarnya KPI Marketing dan Trade Marketing relative sama:

1. Net Trade Sales (Mkt/TM)

2. Budget Management (Mkt/TM)

3. Market Share (Mkt/TM)

4. Numeric & Weighted Distribution (TM)

5. SPPD (Mkt)

6. Profitability/ GP (Mkt)

7. dst

Nah, Peran Sales Team adalah :

1. Excellent Execution dari Strategy yang sudah di buat oleh Marketing & Trade Marketing

2. Source of Information mengenai kondisi pasar dan persaingan untuk melengkapi Strategy Marketing & Trade Marketing

Semoga cukup membantu…

1 comment: