Untuk memperjelas perbedaan antara fungsi Marketing & Trade Marketing, berikut beberapa rangkuman:
1. Marketing= Consumer Marketing, Consumer adalah objek kegiatan
Trade Marketing= Marketing ke Trade, jadi Trade adalah objeknya (Trade=Modern Trade, General Trade, Medical Outlet, etc)
2. Marketing = mendorong orang untuk “Use More” dengan tools seperti Iklan dll
Trade Marketing = mendorong orang untuk “Buy More” dengan tools promo (Diskon, Free Product, Undian, Buy 1 Get 1, etc)
3. Marketing = focus ke ATL (Above The Line)
Trade Marketing = focus ke BTL (Below The Line)
4. Marketing = Merancang Marketing Strategy Brand
Trade Marketing = Men-terjemahkan Strategy tsb menjadi “actionable initiatives”
5. Marketing = Mengelola Budget A&P
Trade Marketing = Mengelola Budget Trade Promo/TP (TP directly mengurangi Net Sales karena merupakan inisiatif yang langsung berhubungan dengan promo)
6. Marketing = Berpikir mengenai konsumen secara general, siapa aja adalah konsumen.
Trade Marketing = Membagi strategy berdasarkan Channel (MTKA, MTI, GT dll)
Walaupun peran Marketing & Trade Marketing Cukup Jelas dan cukup berbeda, namun pada dasarnya KPI Marketing dan Trade Marketing relative sama:
1. Net Trade Sales (Mkt/TM)
2. Budget Management (Mkt/TM)
3. Market Share (Mkt/TM)
4. Numeric & Weighted Distribution (TM)
5. SPPD (Mkt)
6. Profitability/ GP (Mkt)
7. dst
Nah, Peran Sales Team adalah :
1. Excellent Execution dari Strategy yang sudah di buat oleh Marketing & Trade Marketing
2. Source of Information mengenai kondisi pasar dan persaingan untuk melengkapi Strategy Marketing & Trade Marketing
Semoga cukup membantu…
obat kuat oles - samsu oil super
ReplyDeleteobat kuat - samsu pagoda getah
obat kuat - samsu cream pd jakarta.
jual - kondom sambung super jumbo getar