Sunday, February 21, 2010

Web Strategist

Menurut sy tugas seorang Web Strategist adalah sbb:

1. Mendatangkan traffict yg banyak ke web.
2. Membuat visitor berlama2 di web dan membuka beberapa halaman.
3. SEO (Search Engine Optimization) .
4. Membuat visitor mendaftar di web.
5. Membuat visitor merekomendasikan web, dengan link dll.


Ada 6 digital communication yang dapat dilakukan untuk Web Strategist:

1. Search Marketing = Search engine Optimisation (SEO), Paid Search (PPC), Paid for Inclusion/ Feeds.
2. Online PR = Portal representation, Social Media, Media Alerting Service, Brand protection.
3. Online Partnership = Affiliate Marketing, Sponsorship, Co Branding, Link Buildin, Widget Marketing.
4. Interactive ads = site -specific media buy, ad networks, contra deals, sponsorship, behavioural targeting.
5. Opt in e-mail = ( House list emails, cold (rented list), Co Branded, Ads in 3r party e newsletters.
6. Viral Marketing, = Pass along email, Word of mouth, buzz marketing, generating media mentions.

Web bisa menjadi media promosi yg sangat powerful, sehingga bisa menjadi bagian dari pekerjaan marketing.

Kalau memang tugas Web Strategist tadi sesuai dengan yang dijelaskan diatas, sudah pasti tugasnya sangat erat hubungannya dengan e-marketing.

Calon yang menempati posisi itu harus benar-benar mengerti tentang e-marketing, mulai dari SEO, PPC, Online PR baik menggunakan facebook, twitter, maupun blog, harus bisa mengcreate afiliate marketing yang berhubungan dengan produk perusahaan, bagaimana memasang banner yang tepat, bagaimana melakukan opt in email untuk mempromosikan produk melalui newsletter, termasuk juga viral marketing. kesemuanya tentu bertujuan untuk meningkatkan Online Branding , yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan perusahaan.

No comments:

Post a Comment